Saturday 14 January 2017

Pengelolaan Perbatasan Oleh: Suyito



Secara Filoshopis Perbatasan tidak hanya dipahami sebagai konsep yang bersifat geografis kawasan, namun berkembang menjadi konsep sosial ketika yang diperbincangkan tentang komunitas, baik yang menetap maupun yang menyeberangi lintas batas. Secara sosiobudaya, perbatasan dipahami sebagai aktiviti komunitas, barang dan juga ide-ide yang melintas suatu perbatasan sebagai dipaparkan Martinez dalam Rahminah(2015). Kemudian Batubara(2015:30) secara fakta wilayah perbatasan merupakan pintu gerbang internasional dan beranda depan negara Indonesia. kenyataan inilah yang tengah diupayakan oleh pemerintah, yakni bagaimana melakukan pengembangan wilayah perbatasan sehingga kesan daerah tertinggal dapat dihilangkan serta kesenjangan antara perbatasan dan wilayah bukan perbatasan dapat diminimalkan.
 Sebagai negara maritime kegiatan pebangunan yang dilakukan dimasyarakat pesisir dan perairan yang terletak di hadapannya. Kepulauan dihubungkan dengan dengan kegiatan pembangunan di daratan pulau dan keterkaitannya dengan pulau-pulau lain. Dan kelautan menyangkut kegiatan pembangunan wilayah perairan/laut dan sumberdaya di dalamnya. Masing-masing beda dalam konteksnya, tetapi semuanya mempelajari interaksi antara sumberdaya manusia, sumberdaya alam pembangunan lainnya(Adisasmita:2013). Strategi percepatan pembangunan daerah perbatasan berdasar potensi ekonomi dan kemampuan berkembang selalu diukur dengan pendapatan perkapita, meskipun pada umunya pendapatan perkapita daerah-daerah perbatasan selalu rendah. Padahal selain pertumbuhan ekonomi yang dijadikan ukurannya, tetapi dalam faktanya masing tidak korelatif antara tingginya angka pertumbuhan ekonomi dengan kenyataan dilapangan.
          Oleh sebab itu Rahmaniah(2015:9) mengatakan kajian tentang perbatasan memiliki beberapa keunikan dibandingkan dengan pembangunan di kawasan bukan perbatasan. Keunikan yang pertama ialah kawasan perbatasan memiliki sumberdaya alam yang berpotensi tinggi berupa sumberdaya alam didarat dan dilaut. Namun potensi sumberdaya alam darat dan laut ini belum begitu mendapat banyak perhatian pemerintah sehingga kawasan ini menjadi lebih tertinggal. Perbatasan dapat diartikan sebagai suatu unit legal politis yang mempunyai berbagai fungsi unik sekaligus strategis bagi suatu negara. Perbatasan memiliki fungsi militer-strategis, ekonomi, konstitutif, identitas, kesatuan nasional, pembangunan nasional dan kepentingan domestic.
          Brunet dalam Rahmaniah(2015:11) menjelaskan tentang pengelolaan perbatasan perlu memberi perhatian kepada kuasa pasaran dan arus perdagangan, karena berkaitan dengan fungsi ekonomi perbatasan. Namun untuk kasus perbatasan Indonesia menurut Tirtosudarmo(2010) mengingatkan bahwa pengelolaan perbatasan seharusnya tidak didominasi oleh kepentingan untuk mengekploitasi fungsi ekonomi perbatasan, melainkan perlu juga mempertimbangkan factor lain.
          Dalam melakukan pengelolaan perbatasan perlu memberi perhatian lebih pada keempat elemen keamanan sebagaimana dikemukakan oleh Brunnet-Jilly (2005 dalam Wuryandari ) yaitu:
1.     Kekuatan pasar dan arus perdagangan
Aspek kekuatan pasar dan arus perdagangan sangat penting bagi pemilihan tata kelola perbatasan, karena menyangkut fungsi ekonomi perbatasan.
2.     Kebijakan pemerintah negara-negara yang berbatasan langsung
3.     Pengaruh factor politis masyarakat di wilayah perbatasan
Aspek pengaruh politis masyarakat di wilayah perbatasan, meliputi sejauh mana actor-aktor local memberikan pengaruhnya dalam penentuan tata kelola perbatasan.
4.     Budaya khas masyarakat di wilayah perbatasan



REFERENSI:
1.  Syarifah Ema Rahminah,2015. Model Pembangunan Perbatasan Berbasis Human Development dan Human Security. Jakarta: Mitra Wacana Media.
2.  Harmen Batubara, 2015. Wilayah Perbatasan Tertinggal dan Ditelantarkan. Yogyakarta: Sunrise.
3.  Yahya Ahmad Zein.2016. Hak Warga Negara Di Wilayah Perbatasan: perlindungan hukum hak atas pendidikan dan kesehatan. Yogyakarta: Liberty.
4.  Rahardjo Adisasmita.2013. pembangunan ekonomi maritime. Yogyakarta: Graha Ilmu.

1 comment:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete