Saturday 31 December 2016

TAHUN BARU. Oleh Tito



Perayaan Tahun Baru memberikan warna yang cukup menarik tersendiri saat setiap pergantian tahun di negara ini. pergantian tahun baru masehi memang sudah berlalu dan hari ini tanggal 1 januari 2017 merupakan momentum untuk melakukan perubahan disegala bidang kehidupan terutama kehidupan masyarakat yang masih juga tersisa dan terserak dalam pinggiran kehidupan dinegeri ini. walaupun kehidupan memang punya ruang tersendiri untuk selalu berubah, tetapi himbauan dan edaran pemimpin kepada masyarakat untuk selalu hidup sederhana dan tidak berlebihan menjadi paradok yang tidak sesuai dengan realitanya.
          Tahun baru dengan wajah baru tentu saja tidak hanya slogan atau spanduk-spanduk yang bertebaran disetiap dinding public, tetapi sudah seharusnya mulai menggeser perubahan diruang public untuk meninggalkan kebiasaan usang atau lama yang terasa dan terkesan kurang bisa menyentuh dirasakan public. tahun baru memberikan energy baru kepada warga di negara ini yang selalu berdoa, ucapkan selamat kepada keluarga, kerabat, dan teman dengan harapan agar ditahun baru adanya perubahan yang nyata dan tidak lagi slogan-slogan kosong yang selalu membohongi dengan penuh spirit retorika. Tahun baru dengan harapan baru selalu didambakan oleh masyarakat atau warga yang ada dinegara ini dengan wajah baru tidak saja dihiasi dengan ornament dan meriahnya terompet serta bunyi mercon yang menghiasi tahun baru, evaluasi perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara tahun sebelumnya harus menjadi dasar untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi ditahun 2017 ini.
          Tahun baru 2017 disemangati dengan spirit baru oleh semua element bangsa ini, memulai arah baru pembangunan yang nyata untuk kehidupan masyarakat adalah hal yang sangat urgen atau penting oleh pemimpin dinegeri ini. optimisme warga negara dengan datangnya tahun baru mestinya direspon dengan harapan terwujudnya kehidupan yang lebih baik lagi ditahun ini. pembangunan ekonomi, politik, hukum harus segera diutamakan dengan tetap mengedepankan kepentingan umum dan tidak menyandera kepentingan public. tontonan atau dramaturgi kekuasaan dengan beragamnya retorika yang hanya membangun persepsi public harus dirubah juga dengan tindakan yang nyata dan tidak sekedar pencitraan. Semoga ada perubahan dan selamat tahun baru.


No comments:

Post a Comment