Tuesday 27 December 2016

Perbatasan Garda Terdepan Bangsa. Oleh: Suyito



Perbatasan merupakan beranda depan dari sebuah negara ini, sedianya pemimpin negeri ini mesti fokus dengan agenda yang nyata dan konkrite. Sehingga tida terkesan pencitraan atau simulasi politik yang live service saja, tetapi memang direncanakan dengan matang, dan professional sehingga tidak asal pembangunan semata. Perbatasan tidak bisa kita pungkiri dan sangat nyata berbatasan dengan negara lain, baik dibatasi dengan lautan maupun daratan. Sebagai garda terdepan sebuah negara, kebijakan pemerintah tidak bisa serta merta hanya dari sisi program pemberdayaan masyarakat tanpa menyentuh lapisan dasar masyarakat yang paling bawah.
          sebagai garda terdepan sebuah bangsa, daerah perbatasan sering kali terlihat persoalan-persoalan yang masih belum diselesaikan, misalnya illegal loging, illegal fishing dan kejahatan trafiking yang terjadi didaerah perbatasan. Penyelesaian kasus-kasus perbatasan dengan berbagai macam kejahatannya perlu segera diambil tindakan tegas dengan tetap melibatkan masyarakat setempat, sehingga terjalin hubungan sosial yang kuat antara penegak hukum dan lingkungan masyarakat. itu merupakan persoalan-persoalan secara ekternal yang sering terjadi di perbatasan yang berbasis lautan.
          Problematik yang sering terjadi dalam internal masyarakat perbatasan adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia yang menyebabkan mereka kurang mengerti dan paham tentang pendidikan bela negara. Kemudian kesejahteraan manusia juga kurang diperhatikan, sehingga wajah masyarakat diperbatasan masih juga tidak berubah dari tahun ke tahun. Masalah-masalah diperbatasan memang bukan masalah tunggal, tetapi sangat multidimensional sehingga penyelesaiannya juga secara multidimensional juga.
          Inilah tantangan yang mesti diselesaikan oleh pemerintah dengan cepat membangun sumberdaya manusia diperbatasan dengan tetap landasan sosial budaya yang tidak dikesampingkan agar identitas budaya menjadi pengikat kuat dalam membangun hubungan sosial antar individu dalam masyarakat perbatasan.
         

No comments:

Post a Comment